Translate

Minggu, 11 November 2012

Istilah-istilah dalam @twitter

Kalian pasti tau dengan twitter kan ? . Nah karna banyak istilah" dalam twitter pasti ada sebagian yang gak ngerti kan ? nih langsung saja deh istilah-istilah pengting dalam twitter, cekidot :

 
Tweet

Tweet merupakan pembaharuan atau sering disebut sebagai update yang dilakukan setiap pemilik account twitter yang memungkinkan semua orang bisa melihat apa yang dituliskan. Baik itu berupa ungkapan, kekesalan, kesenangan, kebingungan dan sebagainya. Apa yang kita tulis (post) di Twitter, itu yang dinamakan Tweet. Dalam Bahasa Indonesia, Tweet memiliki terjemahan kicauan. 

Followers
Followers adalah orang yang mengikuti kita dan akan menerima setiap pembaharuan yang kita lakukan.

Following
Following adalah orang yang kita ikuti dalam twitter. Ini merupakan kebalikan dari follower, kita akan menerima setiap update orang yang kita follow. Anda bisa mengikuti (following) siapa saja, tapi jangan bingung jika ada simbol seperti “Gembok” disamping nama orang yang akan Anda follow (lihat gambar TheFuzzball di bawah) artinya orang tersebut tidak sembarang menerima Follower karena alasan-alasan tertentu (misal: takut di follow spammer atau menghindari follower yang memakai gambar profil kurang sopan)

Replay
Replay adalah balasan yang ditujukan pada seseorang secara spesifik. Yakni bertanya atau memberi info pada orang tertentu di twitter. Caranya: @+Usename. Misalnya: @rifa_ghost

Harus selalu gunakan tanda "@" di depan "username" untuk replay atau bertanya atau menyapa namun ke user yang lebih spesifik. Sehingga tweets Anda akan masuk ke replay (mention) mereka.

Re Tweet
Ret tweet yang sering disebut dengan RT adalah menulis ulang tweet orang lain dalam profile kita sendiri dan biasanya diikuti dengan nama orang yang membuat tweet pertama kali. Bisa jadi karena kata-kata tersebut Indah. RT ditambahkan pada tweet diikuti dengan @(username) ditambah dengan kata-kata yang ingin anda ulang.
Contoh : RT @spartack.rf  kunjungi: www.unakunikordinary.blogspot.com.com

Trending Topic
Trending topics adalah topik yang sedang hangat di antara pengguna Twitter sedunia. Biasanya trending topics ini akan muncul dan selalu di update pada halaman twitter kita. Apa topik yang sedang dibicarakan banyak orang? Misal saat “Keluarga Bahagia” sedang banyak dibicarakan, maka Keluarga bahagia tersebut menjadi  TT (sing. Trending Topics), saat bom mengguncang Indonesia #Indonesia Unite menjadi topik yang paling sering dibicarakan. Bagaimana suatu tweet bisa menjadi Trending Topics? biasanya karena banyak orang yang menggunakan #(topikyangdibicarakan) pada tweetnya. Semakin banyak orang yang membicarakan topik yang sama dengan Anda, semakin lama topik tersebut bertahan pada Halaman depan Twitter dan dilihat oleh seluruh dunia.

Over Head
Over head atau disingkat dengan OH adalah menulis ulang tweet orang lain tanpa menyebutkan sumber tweet tersebut. Mendengar (melihat) tweet milik orang lain yang sangat menarik, tetapi Anda tidak ingin menyebutkan siapa yang menulis tweet tersebut. (Berbeda dengan RT yang menyebutkan sumber tweet).

Favorites
Favorites adalah Tweet yang disimpan karena disukai atau merasa Tweet tersebut penting.

Tweeple
Tweeple sebutan untuk penguna Twitter
 
Heard Trough
Heard Trough disingkat dengan HT. HT berbeda dengan RT. HT adalah kata-kata yang Anda dengar pada kehidupan nyata.

Direct Message
Direct message atau disingkat dengan DM adalah pesan pribadi teman kita (followers) pada kita.

Tanda @
Tanda @ adalah mem - tag atau mengkhususkan tweet kepada salah satu teman yang kita beri tanda. Fungsinya bisa untuk me-reply tweet teman, membuat link kepada username yang dimaksud. Contoh: kepada @Syamsuri_R,  @ifadah_amalia, @Bobby_Oksa 

Hash Tag
Hash tags dalam twitter di definisikan dengan tanda #. Tanda pagar ini biasanya digunakan untuk mempermudah pencarian topik yang sedang hangat di twitter. Misalnya topik yang sedang hangat adalah Bisnis Online, Keluarga Bahagia dan lainnya. Untuk mempermudah pencarian topik tersebut kita menulis #Bisnis Online sebagai keyword.
 
FollowFriday
FollowFriday adalah tradisi setiap hari Jumat dimana kita dapat merekomendasikan orang lain untuk menjadi follower dari teman kita yang menyenangkan. Silahkan tulis @(namateman kita) yang kita rekomendasikan pada tweet kita.
 
Overloaded 
Twitter membatasi penggunanya hanya dapat memfollow 2000 orang. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari para Spammer. 
Istilah-istilah tersebut disarikan dari: www.cahayailmukomputer.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar